• Pendidikan Matematika | Website Resmi Program Studi Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong

Asesmen Lapangan (AL) Oleh LAMDIK di UNIMUDA Sorong Pendidikan Matematika

Asesmen Lapangan (AL) Oleh LAMDIK di UNIMUDA Sorong Pendidikan Matematika

KabupatenSorong, pada Senin sampai dengan Selasa 11 Oktober 2020 Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melakukan Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong. Kegiatan yang dilakukan secara daring dengan tim UNIMUDA Sorong ini dipusatkan di Meeting Room gedung Mas Mansyur (MM) UNIMUDA Sorong dan dihadiri oleh  Tim Asesor LAMDIK, Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., serta seluruh Sivitas Akademika UNIMUDA Sorong, Mahasiswa bahkan Alumni yang turut mendukung Asesmen Lapangan tersebut.

Berdasarkan Surat Tugas Nomor 1035a/ST/Al-F/LA/DIK/X/2022, Ketua Umum Dewan Pengurus LAMDIK, Muchlas Samani mengutus dua Asesornya untuk melakukan Asesmen Lapangan (AL) yaitu Siti Fatimah, S.Pd., M.Si., P.hD. sebagai Asesor I dan Prof. Dr. Sugiman, M.Si., sebagai Asesor II.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan tim Asesor yaitu Siti Fatimah, S.Pd., M.Si., P.hD. Dalam sambutannya Rektor UNIMUDA Sorong menyampaikan bahwa di seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta tanah Papua khususnya di Papua dan Papua Barat presentase tertinggi anak-anak Papua yang masuk di Program Studi Pendidikan Matematika adalah di UNIMUDA Sorong.

“Memang awal mula Program Studi Pendidikan Matematika ini menjadi momok bagi anak-anak Papua, dan Alhamdulillah posisi hari ini di UNIMUDA Sorong 40% sangat membanggakan. Saya sudah keliling di berbagai PT di Papua dan Papua Barat dan Insyaa Allah presentase yang tertinggi untuk anak-anak Papua yang berkenan masuk di Program Studi Matematika ada di UNIMUDA Sorong.” Ungkapnya

Ia juga menambahkan bahwa UNIMUDA Sorong sudah menerapkan Moderasi ber-Agama yang baru-baru dicanangkan oleh Kementrian Agama sudah diamalkan terlebih dahulu oleh UNIMUDA Sorong sejak awal berdirinya pada tahun 2004.

“Kami laporkan juga UNIMUDA Sorong sebagai kampus Multikultural, kampus dengan mayoritas anak-anak Papua. UNIMUDA Sorong ini 75% mahasiswanya merupakan orang asli Papua, meskipun notabene kampus Muhammadiyah tetapi mahasiswanya kebanyakan Nasrani. Kami sudah mengamalkan moderasi beragama yang dicanangkan oleh Kementrian Agama. Moderasi tersebut sudah kami terapkan sejak berdirinya kampus ini pada tahun 2004. Kami memberikan pengertian dan saling menghormati, demikian juga antar mahasiswa, antar dosen dan antar mahasiswa dan dosen. Alhamdulillah sampai hari ini tidak pernah terjadi hal yang tidak diinginkan. Itulah ciri khas kami di UNIMUDA Sorong dan kami merasa bersyukur karena kami bermanfaat untuk tanah ini karena banyak menjaring anak-anak Papua untuk berkuliah di kampus kami.” Imbuhnya

Ia juga berharap bahwa kedepannya Program Studi Pendidikan Matematika ini memiliki peningkatan dari segi Akreditasinya tentu melalui Asesmen Lapangan ini, kemudian Rustamadji melanjutkan dengan membuka kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Matematika secara resmi. Adapun sambutan dilanjutkan oleh salah satu tim Asesor yakni oleh Siti Fatimah, S.Pd., M.Si., P.hD.

“Saya kemarin sempat bertanya-tanya, memastikan nama Instansi karena takut salah ya Bapak/Ibu, karena saya sebenarnya tahun lalu juga telah mengases Program Studi Pendidikan Matematika juga di kampus Muhammadiyah juga di Sorong secara daring, makanya saya heran kok baru satu tahun sudah di ases lagi. Ternyata setelah di cross check memang beda instansi ya.” Ungkapnya

Beliau juga meminta kepada rekan-rekan Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong untuk membantu asesmen ini agar apa yang diharapkan bersama dapat dicapai.

“Saya mewakili tim asesor mengharapkan hari ini kami bisa dibantu untuk pelancaran tugas kami dalam rangka klarifikasi dan mungkin kalau misalnya pak Rektor menyapaikan bahwa mudah-mudahan kedepan adanya peningkatan bagi Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang di asesmen oleh karena itu kami mohon bantuannya bagi teman-teman di lapangan supaya nanti bisa menunjukkan bahwa betul apa yang disajikan dalam dokumen itu betul-betul sesuai dengan kondisi yang disana. Nanti juga bila ada informasi yang belum disampaikan dan dituliskan bisa disampaikan dalam asesmen selama dua hari ini.” Tuturnya

Asesmen Lapangan dilakukan dalam rangka akreditasi yang bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan oleh Program Studi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi Program Studi serta untuk menjamin proses Akreditasi yang Independen, Akurat, Obyektif, Transparan, Akuntabel, Kredibel, Efektif dan Efisien serta menyeluruh.

Top