• Pendidikan Matematika | Website Resmi Program Studi Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong

Tingkatkan Kualifikasi Guru Matematika, Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong Gelar Pelatihan Scientific Calculator for STEM

Tingkatkan Kualifikasi Guru Matematika, Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong Gelar Pelatihan Scientific Calculator for STEM

Sabtu, 8 Februari 2020 – 08.00 WIT

Pewarta: Mustafah | Editor: Dwi Pamungkas

 

PMATUNIMUDA, SORONG – Sebanyak 100 orang Guru dan Mahasiswa mengikuti pelatihan pemanfaatan “Scientific Calculator” dalam mendukung pembelajaran Science, Technology, Enginering and Mathematic (STEM) bagi guru matematika SMA/ SMK se-Kota dan Kabupaten Sorong Papua Barat yang diadakan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, Sabtu (8/2/2020).

Program Studi Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong bekerjasama dengan MGMP Matematika Kabupaten Sorong sebagai penyelenggara menggandeng Casio Singapore PTE LTD Jakarta Representative Office sebagai pemateri pada pelatihan tersebut.

Dalam sambutannya Aji Parluji, M.Pd. selaku Ketua MGMP Matematika Kabupaten Sorong memastikan bahwa pelatihan tersebut sangat dibutuhkan bagi Guru matematika guna menunjang pembelajaran berbasis STEM.

“Sebagai seorang guru sudah selayaknya untuk selalu mengembangkan kompetensi dan kemammpuan di era digital saat ini,” Ucap Aji.

Sahidi, M.Pd. selaku Kaprodi Pendidikan Matematika UNIMUDA Sorong dalam sambutannya menerangkan  bahwa Science, Technology, Enginering and Mathematic (STEM) dapat menumbuhkan kreatifitas, literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah dalam menghadapi persoalan pendidikan di industri 4.0.

“Matematika merupakan sebuah fungsi, sementara jika kita kaitkan dengan sains, teknologi dan enginering maka ketiganya merupakan turunan kesekian dari matematika. Oleh sebab itu, sains merupakan proses, teknologi merupakan penerapan sains, enginering merupakan rekayasa sains dan matematika adalah alat untuk mencapai ketiganya,” Tutur Sahidi.

Hal ini disambut baik oleh Chandra Sri Ubayanti, M.Pd. sebagai Master of Trainer Scientific Calculator mengungkapkan pentingnya perubahan pada setiap guru. Jaman yang terus berkembang, menuntut semua guru untuk terus mawas diri dengan senantiasa meningkatkan kemampuan dalam menghadapi pendidikan era digital.

“Perubahan itu harus dilakukan oleh setiap guru kapan dan dimamapun setiap ada kesempatan guna menghadapi perkembangan jaman yang begitu cepat” Ujar Chandra.

Era disrupsi menjadi era baru di dunia pendidikan. Ketidakpastian harus disikapi sebagai sebuah tantangan dalam pendidikan di Industri 4.0 saat ini. Sebagai lembaga pendidikan yang telah banyak memberikan sumbangsih bagi Tanah Papua, UNIMUDA Sorong senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Menghadapi setiap perubahan sistem pendidikan dengan menjadikannya sebagai lecutan untuk terus berbenah dan menyesuaikan diri. Dalam sambutannya, Doni Sudibyo, M.Pd. sebagai Wakil Rektor UNIMUDA Sorong sangat mendukung penuh akan kegiatan positif yang sedang dilaksanakan guna meningkatkan kualifikasi guru. Memberikan ruang yang sebesar-sebarnya untuk seluruh elemen masyarakat dalam setiap kegiatan yang menunjang kemajuan pendidikan di Tanah Papua.

“Kita harus membuat lompatan besar dalam menghadapi pendidikan era industri 4.0, sudah saatnya kita berkolaborasi bukan berkompetisi,” Ungkap Doni.

Kegiatan ini berlangsung di meetingroom UNIMUDA Sorong, turut hadir juga dari  pihak Casio Singapore PTE LTD Jakarta Representative Office, MGMP Matematika Kabupaten Sorong, Dekan FKIP, Kaprodi dan Mahasiswa di lingkungan UNIMUDA Sorong.

Top